CARA MENGUSIR BURUNG PADA TANAMAN PADI

Disusun Oleh : ELYANTO

 

Padi merupakan salah satu jenis tanaman yang paling banyak ditanam di Indonesia. Hal ini karena tanaman padi memproduksi beras. Namun, kendala utama yang dihadapi para petani padi yakni banyaknya hama yang menganggu. Salah satunya yakni hama burung. emprit (Lonchura leucogastra). Burung ini akan terbang dan hinggap di tanaman padi untuk memakan tanaman tersebut sehingga tanaman padi  rusak. iKerusakan akibat serangan burung berkisar antara 10% – 50%

 

Selain menggunakan orang-orangan sawah, terdapat beragam cara lain untuk membasmi hama burung yakni sebagai berikut.

  • Perangkap Jaring

Perangkap jarring merupakan salah satu metode tepat pengendalian hama burung yang banyak digunakan oleh para petani. Cara yang satu ini terbukti efektif karena jarring perangkap burung tidak hanya membuat burung takut dan menghindar tetapi juga dapat memerangkap burung tersebut

  • Layang-Layang Burung

Fungsi layang-layang burung juga mirip seperti orang-orangan sawah. Layang-layang burung dibuat mirip dengan burung yang berukuran besar, seperti burung elang untuk menakuti burung sawah.

  • Membuat Kincir Angin Kalen

Kincir angina kaleng dapat dibuat dengan sederhana yakni menggunakan barang-barang bekas yang ada. Lalu, letakkan kincir angin kaleng disekitar area sawah yang sering didatangi burung. Dengan begitu, kincir angina kaleng akan mengeluarkan suara-suara yang dapat menakuti burung sehingga mereka tidak akan mendekati area sawah lagi.

  • Rendaman Jengkol

Sebagian orang mungkin sangat menyukai jengkol dan sebagian lainnya mungkin sangat tidak menyukai jengkol. Namun, yang pasti jengkol juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir hama burrung yakni dengan cara menggunakan air rendaman jengkol dan letakkan di beberapa botol di pinggir sawah. Dengan begitu, burung-burung akan menghindar akibat bau menyengat dari air rendaman jengkol tersebut.

  • Plastik Mengkilap atau Kepingan C

 Penggunan plastic mengkilap atau kepingan CD merupakan cara yang sangat mudah dna juga efektik. Dua hal ini berfungsi sangat baik pada siang hari karena plastik mengkilap dan CD bekas dapat memantulkan cahaya matahari sehingga burung-burung merasa silau dan akan segera menjauhi area persewahan tersebut.

  • Penanaman serentak

Biasanya padi yang ditanam tidak sesuai dengan jadwal penanamanlebih rentan diserang,karena pada saat-saat bukan musim panen burung akan sulit untuk mendapatkan makanan,.

  • Menanam tanaman berwarna mencolok

Burung biasanya tidak suka pada dengan warna yang mencolok,misalnya warna kuning oleh karena itu bnga matahari dan bunga tahi ayam (Lantana camara) dapat dijadikan untuk mengusir burung.

  • Menggunakan insektisida dengan berbahan aktif dimehypo.

Penggunaan dengan insektisida ini, efek yang ditimbulkan jika burung tersebut makan padi, bisa dipastikan burung tersebut mati.

  • Menggunakan fungisida Tiflo 80WP.

Tiflo 80WP adalah fungisida yang bersifat kontak dan bekerja secara protektif dengan bahan aktif Thiram 80%. , .

 

Daftar pustaka ;

Pestocontroljakarta.com

http//pak tanidigital.com/artikel/cara mengusir-hama-burung –padi/