BUDIDAYA TOMAT

Created by : YUSNANI

  • Memilih benih tomat

Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat).

  • Penyemaian benih tomat

Penyemaian hendaknya dilakukan di atas media yang terpisah dengan penanaman masal. Lamanya penyemaian sampai tanaman siap dipindahkan sekitar 35-40 hari.

  • Pemasangan Ajir / Tongkat Penyangga

Pemasangan ajir bertujuan sebagai tempat mengikatkan tanaman agar tidak roboh. Ajir dibuat dari bambu sepanjang 1-1,5 meter. Ajir ditancapkan pada jarak sekitar 10-20 cm dari tanaman. Ajir bisa dibiarkan tegak mandiri atau ujungnya diikatkan dengan lenjeran lain yang berdekatan. Pengikatan ujung berguna untuk memperkokoh posisi ajir.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Beberapa hama yang sering menyerang tanaman tomat. Jenisnya bisa berupa ulat, kutu dan lalat. Sedangkan penyakit tanaman tomat bisa berupa layu, busuk, serangan virus dan bakteri.

Hama dan penyakit pada budidaya tomat tidak bisa diberantas dengan hanya mengandalkan pestisida saja. Karena manfaat pestisida hanya sementara dan jangka pendek. Selebihnya serangan hama dan penyakit akan tetap datang dan kemungkinan akan lebih resisten. Menaikkan dosis penggunaan pestisida mungkin efektif tapi akan menimbulkan efek lingkungan yang buruk dan juga menaikan biaya produksi. Kalau pun harus menggunakan pestisida sebaiknya berganti-ganti merek dengan bahan aktif berbeda.

  • Pemanenan

Tanaman tomat dapat dipanen antara 80-90 hari setelah tanam, tergantung dari varietasnya. Penentuan waktu panen berdasarkan umur tanaman kadang kala tidak efektif, sebaiknya gunakan pengamatan fisik terhadap tanaman. Tanaman tomat sudah dikatakan siap panen apabila kulit buah berubah dari hijau menjadi kekuning-kuningan, bagian tepi daun menguning dan bagian batang mengering.Pemetikan hendaknya dilakukan di pagi atau sore hari karena pada siang hari tanaman masih melakukan fotosintesis. Pada keadaan demikian penguapan sedang tingi-tingginya sehingga buah tomat yang dipetik akan cepat layu. Pemanenan bisa dilakukan setiap 3-4 hari sekali pada musim kemarau dan setiap 6-7 hari pada musim penghujan.

 

Daftar Pustaka

Dokumen PPL, teknis budidaya tanaman tomat, akses http://.www.pertanian.go id  ( 06 Des 2017 )