PEMANTAUAN DAN PEMERIKSAAN PEMOTONGAN HEWAN KURBAN HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung (DKPP) melaksanakan pemantauan dan pemeriksaan penyembelihan hewan kurban sejak hari Idul Adha Jumat (31/7) hingga Sabtu (1/8). Dari Hasil Kegiatan Tersebut mayoritas daging kurban yang disembelih dinilai memenuhi standar “ASUH” aman, sehat, utuh dan halal untuk dikonsumsi masyarakat. Pada kegiatan pemantauan dan pemerikasaan pemotongan hewan kurban tahun ini  Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung menugaskan Sebanyak 33 orang personil dalam kegiatan pemantauan penyembelihan hewan kurban. Selanjutnya 33 orang personel tersebut dibagi pada 236 titik di 5 Kecamatan di Kabupaten Belitung.

Teknis kegiatan dilapangan petugas melakukan pendataan lokasi dan jumlah hewan kurban, selanjutnya melakukan pemeriksaan Antemortem sebelum disembelih mulai dari jenis kelamin, umur, kondisi kesehatan fisik secara umum dan kondisi lubang-lubang tubuh hewan kurban. Pada tahap penyembelihan petugas mengawasi proses saat merubuhkan hewan dan penyembelihan, selanjutnya setelah disembelih petugas melakukan pemeriksaan Postmortem meliputi kondisi daging hewan kurban yang sudah disembelih, kondisi organ pencernaan meliputi rumen, reticulum, omasum, abomasum, usus halus, usus buntu dan usus besar selanjutnya melakukan pemeriksaan kondisi limpa, hati dan paru-paru.

Hasil dari kegiatan pemantauan dan pemeriksaan hewan kurban Idul Adha 1441 H didapatkan jumlah sapi yang di kurbankan sebanyak 419 ekor dan Kambing 995 ekor, pemeriksaan postmortem ditemukan abnormal pada 1 ekor sapi karena terdapat cacing hati (Fasciola sp), pada organ hati yang ditemukan cacing hati disarankan untuk tidak dikonsumsi pada panitia penyembelihan. Pemantauan dan pemeriksaan penyembelihan hewan kurban merupakan kegiatan rutin yang dilakukan DKPP setiap tahun untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan hewan kurban dan kelayakan daging yang dikonsumsi masyarakat kabupaten belitung pada hari raya Idul Adha.